Selasa, 15 September 2009

Puasa Turunkan Gula Darah

INTI puasa adalah pengendalian diri, terutama mengendalikan nafsu. Jika puasa dilakukan dengan benar, badan akan sehat. Dari sudut pandang ilmu gizi, puasa merupakan metode diet yang sempurna.

Penderita diabetes (kencing manis) secara umum digolongkan menjadi dua, yakni yang tergantung Insulin (IDDM) dan yang tidak tergantung insulin (NIDDM).

Penderita diabetes yang menjalankan puasa sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter atau ahli gizi. Sebab, bila kadar gula darahnya tidak terkendali dapat membahayakan.

Penderita kencing manis aman berpuasa jika kadar gulanya kurang dari 200 mg/dl dan mendapat obat tablet yang diminum. Jika disuntik insulin, maka dosisnya kurang dari 40 unit/hari dengan satu suntik/hari.

Apabila secara medis dinyatakan aman, puasa yang dilaksanakan dengan benar, akan memperoleh hasil yang memuaskan dari sisi fisik dan mental.

Puasa dapat membantu kontrol gula darah menjadi lebih baik dan menurunkan kadar trigliserida, yaitu sejenis lemak dalam tubuh. Puasa juga menurunkan kadar fruktosamin dalam darah, sehingga kadar glukosa darah lebih terkendali.

(drt)

- 13 September 2009


Sumber :

http://www.banjarmasinpost.co.id/rubrik/ramadan/read/artikel/22027/puasa-turunkan-gula-darah

17 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar