Selasa, 15 September 2009

Kayu Manis Mempertahankan Kestabilan Gula Darah

Sebuah studi menemukan bahwa menambahkan kayu manis ke dalam makanan pencuci mulut dapat menekan kadar gula darah tanpa menghilangkan rasa manis.

Para peneliti di Malmo University Hospital di Swedia menemukan bahwa dengan menambahkan satu sendok teh lebih kayu manis ke dalam semangkok pudding akan menurunkan kadar gula darah. Survei ini dilakukan pada sekelompok sukarelawan kesehatan.

Penemuan ini dipublikasikan dalam “American Journal of Clinical Nutrition”, untuk memperkuat bukti dari studi yang pernah dilakukan sebelumnya tentang kemungkinan kayu manis dapat mengontrol kadar gula dalam darah.

Walaupun begitu, masih sangat terlalu dini untuk menyatakan kayu manis sebagai suatu terapi bagi diabetes, yaitu sebuah gejala dimana kandungan gula darah meningkat tajam karena fungsi hormon insulin yang mengatur sirkulasi darah dalam tubuh tidak dapat bekerja dengan normal.

Berdasarkan penemuan Dr. Joanna Hlebowicz dan rekan-rekan terhadap 14 sukarelawan kesehatan yang gula darahnya diukur sebelum dan sesudah makan semangkok bubur beras; masing-masing sukarelawan diuji setelah makan semangkok bubur beras dan setelah makan makanan yang mengandung kayu manis.

Pasca pengujian darah yang dilakukan secara berulang kali selama dua jam, terbukti bahwa kandungan gula darah para sukarelawan menurun setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung kayu manis.

Kayu manis memperlambat pengosongan usus besar

Menurut Hlebowicz dan rekan-rekannya, salah satu efek yang terlihat, kayu manis cenderung memperlambat laju makanan dari lambung ke usus. Dengan menggunakan ultrasound scans, para peneliti menemukan pada pengosongan lambung para sukarelawan menjadi lambat setelah mengkonsumsi pudding yang mengandung kayu manis.

Apakah penderita diabetes sebaiknya memulai pola makannya dengan mengkonsumsi makanan mengandung kayu manis masih menunggu hasil lebih lanjut.

Dalam sebuah studi kecil yang dilakukan Hlebowicz dan rekan-rekan mencatat, bahwa penderita diabetes tipe 2 yang menambahkan kayu manis pada makanannya selama 40 hari, terbukti kandungan gula darah dan kolesterolnya cenderung mengalami penurunan tajam.

Sebaliknya, sebuah studi yang dilakukan baru-baru ini membuktikan kecenderungan itu tidak ditemukan pada penderita diabetes tipe 1.

Pada akhirnya Hlebowicz dan rekan-rekan menyimpulkan bahwa studi lanjutan yang difokuskan pada penderita diabetes masih perlu untuk diteliti. (rtr/ The Epoch Times)

Source: American Journal of Clinical Nutrition, June 2007

- 14 Agustus 2009

Sumber :

http://erabaru.net/kesehatan/34-kesehatan/3707-kayu-manis-mempertahankan-kestabilan-gula-darah

17 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar