Selasa, 15 September 2009

Diet Mediterania, Kendalikan Kadar Gula Darah

Diet rendah karbohidrat ala mediterania sangat efektif bagi para penderita diabetes. Selain mengurangi kadar gula dalam tubuh, diet mediterania juga bisa mengontrol lemak dan kalori dalam tubuh.

Dengan diet ala mediterania, konsumsi obat pengontrol gula pada penderita diabetes juga bisa berkurang. Hal itu menurut penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Universitas Naples, Italia.

Penelitian yang dikepalai oleh Dr. Dario Giugliano ini, melibatkan 215 pasien diabetes tipe 2. Para pasien diharuskan melakukan diet mediterania selama empat tahun. Hasilnya, setelah 4 tahun kadar gula 44% pasien berkurang cukup signifikan. Lalu, sebanyak 70% pasien kadar lemaknya juga berkurang.

Pada tahun pertama keadaan para pasien di kontrol oleh para ahli nutrisi setiap bulan. Pada tahun kedua hingga keempat, kontrol dilakukan per dua bulan. Pemeriksaan kesehatan para pasien menunjukkan meningkatnya kadar HDL (kolesterol baik) dalam tubuh.

Diet mediterania ini identik dengan banyak mengonsumsi banyak sayur, buah, gandum dan mengurangi konsumsi daging merah. Proses pemasakan pun diminimalisir, asupan lemak didapatkan hanya dari minyak zaitun dan kacang-kacangan. Lalu, sebisa mungkin hindari makanan-makanan instan.
- 2 September 2009

Sumber :
Petti Lubis, Mutia Nugraheni
17 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar